Thursday, August 13, 2009

Dosa - Dosa Besar

Salah satu masalah besar yang menimpa manusia adalah bahwa manusia tidak menyadari dosa-dosa yang diperbuatnya, atau manusia menyadari dosa tetapi meremehkannya. Seakan-akan manusia lupa bahwa setiap perbuatan benar maupun salah akan ada catatan dan hitungannya di hari kiamat kelak. Allah memerintahkan malaikat untuk mencatat segala amal perbuatan manusia. Perbuatan baik yang ikhlas menghasilkan pahala, sedangkan perbuatan buruk manusia akan dicatat sebagai dosa.
Ada 16 dosa besar yang termaktub menurut dalil Al-quran. Dosa-dosa itu adalah:
1. Syirik
2. Berputus asa dari mendapatkan rahmat Allah SWT
3. Merasa aman dari ancaman Allah SWT
4. Durhaka kepada orangtua
5. Membunuh
6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina
7. Memakan riba
8. Lari dari medan pertempuran
9. Memakan harta anak yatim
10. Berbuat zina
11. Menyembunyikan persaksian
12. Sumpah palsu
13. Berbuat curang atas harta rampasan perang
14. Meminum minuman keras
15. Meninggalkan sholat
16. Melanggar perjanjian dan memutuskan silaturahmi
Hal yang perlu diingat adalah manusia tidak hanya harus menghindari dosa-dosa besar, melainkan juga dosa-dosa kecil. Sebab berbuatan dosa kecil yang dilakukan terus-menerus dengan kesengajaan juga termasuk bagian dari dosa-dosa besar.
Namun, Allah SWT begitu Maha Pengampun atas kesalahan hambaNya. Sesungguhnya walaupun manusia pernah berbuat dosa besar, jika bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, niscaya Allah SWT akan mengganti catatan perbuatan buruknya dengan catatan kebaikan.
Semua ini merupakan bentuk refleksi kasih saying AllahSWT terhadap hambaNya yang melihat segala tindakan khilaf manusia sebagai sesuatu yang bersifat incidental dan tidak permanen.
Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nisaa:31
“Jika kamu menjauhi dosa besar diantara dosa-dosa yang kamu dilarang mengerjakannya, niscaya kami hapus kesalahanmu dan kami masukkan kamu ke tempat yang mulia.”

0 komentar:

Post a Comment